Rabu, 02 Oktober 2013

Membangun Networking

Diposting oleh Ien_Moet di 12:04 PM
Untuk membangun networking, setidaknya harus memiliki kenalan. Dari kenalan itu kita bisa kenal dengan orang-orang baru lainnya. Ada sedikit cerita tentang bagaimana Ien belajar untuk membangun networking.

Cara-cara yang Ien lakukan untuk membangun networking memang beragam. Yaitu :
  1. Misanya saja datang ke seminar. Bisa seminar yang dilakukan di kampus atau di luar kampus. Contoh, jika mengikuti seminar, kapita selekta atau workshop apapun, pasti akan ada pembicara. Dari situ kita bisa bertanya di akhir kegiatan. Bertanya mengenai materi yang di bawakan tadi, bertanya mengenai hal yang masih belum jelas mengenai apa yang kita miliki, atau hal-hal lainnya. Setelah mencoba mendekati dengan hal atau topik yang sama baru akhir-akhirnya, minta kartu nama. Kejadian nyatanya saat Ien ikut kapita selekta dan Ien coba untuk berkonsultasi mengenai bisnis sisik ikan yang Ien mulai dari semester 3, akhirnya beliau meminta kontakku untuk membantu mengenalkan dengan pengrajin, bahan baku, dan pemasaran yang cocok dengan bisnis yang kujalani. ( Alhamdulillah )
  2. Saat menunggu. Biasanya kalau kita menunggu itu menyebalkan bukan? Tapi ternyata ada hikmahnya. Kenapa? karena kita bisa berkenalan dengan orang lain, entah itu dari kalangan manapun. Pasti suatu saat akan sangat membantu. Misalnya saja kemarin Ien di TP belanja sendirian, nunggu hingga larut malam untuk bertemu dengan teman. Ien sendirian duduk di bawah jembatan penyebrangan di depan Ranch Market. Karena jenuhnya menunggu, akhirnya Ien mengajak ngobrol orang yang pacaran di samping Ien, akhirnya Ien bisa dapat informasi mengenai apa yang Ien butuhkan. Waktu itu Ien butuh tentangharga-harga laptop, dan ternyata cewek yang duduk disebelahku tadi bekerja di barang elektronik. ^^ Setelah dia pergi juga ganti bapak-bapak, ternyata beliau salah satu anggota pemain bola dan pernah ke Bontang (rumahku), jadi bisa saling berbagi informasi, dan yang menyenangkan beliau mencoba membantuku untuk mencari klien ( tugas psikologi konseling ) 
  3. Saat ada pameran, atau sedang mendatangi pameran. Biasanya akan ada orang-orang yang memberi feedback, dari situ kita bisa membangun relasi yang lebih akrab dengan konsumen maupun produsen. Misal kemarin di CWS, ada beberapa orang yang meninggalkan kontak untuk menjalin kerjasama. 
  4. Dosen. ^^ Dosen itu senjata terampuh untuk membangun networking, mereka sebagai fasilitator yang bersedia membantu kita untuk mengenalkan orang-orang yang akan bisa membantu kita. Misalnya saja dosen E4 Sosialku dulu, beliau memberikanku kontak dari juri yang kalau tidak salah Direktur dari radio Suara Surabaya ( Maaf jika salah sebut jabatan dan nama perusahaan)
Hehehe, rasanya itu aja sih yang bisa Ien bagi sejauh ini, karena cuma ini yang bisa Ien ingat. Sebab apa yang Ien tulis di atas bersumber dari pengalaman pribadi Ien. Jadi semoga bermanfaat ya.

Btw, mau nyampein sedikit kebahagiaan Ien nih.. Kemarin tulisan Ien ada yang masuk ke inspirasi lintas me.. Check it out
 

Disinilah Dunia Ien_Moet!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea