Selasa, 08 Oktober 2013

Create a Sustanable Business

Diposting oleh Ien_Moet di 3:08 PM
Berani berbeda dan menjadi yang utama
Pada hari Rabu lalu kelas di ganti dengan kapita selekta. KS pertama yang aku ambil adalah bagaimana membuat bisnis berkelanjutan atau create a sustanable business. Yang dibawakan oleh Pak Sonata dosen IBM di Universitas Ciputra. Beliau memberi izin untuk saya bisa konsultasi dengannya setiap saat. Karena beliau mempunyai network tentang bagaimana memasarkannya dengan baik, pengrajinnya, dan bahan bakunya. Walaupun dari luar Surabaya.

Hal yang aku ambil dari kapita selekta mengenai bisnis yang berkelanjutan adalah bisnis yang biasanya menjadi turun temurun. Yaitu bisnis yang biasa di bangun oleh eyang buyut kita, hingga akhirnya kita yang meneruskan. Biasanya pioner akan membuat bisnis hingga mencapai 100% untuk meraih kesuksesan, namun pada keturunan kedua biasanya hanya akan mengembangkan bisnis mencapai 33%, ketiga dan selanjutnya biasanya hanya menikmati dan hanya bekerja keras sebesar 12% bahkan kurang.

Untuk membuat bisnis yang berkelanjutan sebenarnya membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki krakakter pemimpin. Apa saja karakter pemimpin yang bisa membuat bisnis tersebut berkelanjutan?
  • Belajar dari kesalahan
  • Mau mengembangkan diri
  • Memiliki network sesuai bidangnya
  • Berani dan menyukai tantangan
  • Jujur dan terbuka
  • Membangun usaha dari 0 hingga berkelanjutan
  • Komitmen Jelas
Dengan terbentuknya karakter sorang pemimpin maka InsyaAllah apa yang kita jalani mengenai bisnis yang dilakukan akan menimbulkan dampak yang baik juga.

Selain itu untuk memerangi kehancuran bisnis yang sudah lama di bangun, maka kurangilah life style yang saat ini sedang merak. Seperti jalan-jalan keluar kota atau negeri tanpa tujuan untuk kemajuan bisnis. Tidak apa jalan-jalan keluar negeri, tapi tetap melihat peluang-peluang yang bisa di terapkan di Indonesia dari apa yang telah kita lihat di Negara orang lain. ^^

0 komentar:

 

Disinilah Dunia Ien_Moet!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea