Minggu, 25 Agustus 2013

Dengan menulis, menjadi Rupiah

Diposting oleh Ien_Moet di 12:37 PM
Kemarin ada Pak Dewa dan Pak Fredy yang bersedia membagi ilmu, tips, dan trik. Bagaimana menulis bisa memuaskan hati dan mendapatkan uang. Caranya mudah, cukup dengan menulis opini dan mencoba menaruh di koran, siapa tau berhasil dan tulisanmu berganti menjadi rupiah. Namun sebelum menulis, pasti kita harus tau apa topik yang harus di bahas. Sehingga perlunya membaca untuk menambah referensi dari tulisan kita nantinya.

Ada cara-cara membaca yang mungkin berguna, misalnya saja, membuka daftar isi dan membaca bagian-bagian yang di inginkan saja. Atau membaca dari tulisan-tulisan yang berbeda. Ini adalah bagian dari cara membaca dengan cepat dan efektif.

Selain itu, seandainya benar ingin mencoba, bisa memilih satu topik dan buat beberapa opini dari beberapa sudut pandang yang berbeda, sehingga satu opini (coba) di kirim di satu koran.


Cara lainnya, buatlah sekreatif mungkin. Tidak hanya menjual tulisan yang berisi promosi atau hal-hal yang biasa. Buatlah dengan tema yang nyeleneh atau dengan gabungan dari beberapa kreasi. Misalnya saja seperti yang pak Fredy jelaskan, tidak menulis tentang restaurant, namun bagaimana seorang koki bisa membuat mie dengan sangat tipis.

Saat uji coba, jujur saya masih kurang faham, dan belum ada pandangan mau buat seperti apa. Selain kosa kata yang masih minimum dan materi yang kurang mengenai passion saya. Oleh sebab itu, saya tetap mencoba menulis mengenai trafficking yang terjadi di Surabaya. Disini saya belajar, dan salah adalah langkah kedua, setelah mencoba dan melakukan (do), untuk menjadi lebih benar dan mengerti.


Semoga bermanfaat!

0 komentar:

 

Disinilah Dunia Ien_Moet!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea