Jumat, 16 Agustus 2013

Membuat Logframe

Diposting oleh Ien_Moet di 9:42 AM
Minggu ketiga untuk Sosial Entrepreneur di dampingi oleh 4 fasilitator, Pak Fredy, Pak Dewa, Pak Nur, dan Pak Eko.  Dalam kelas kami membahas bagaimana sih membuat Logframe dengan baik. Pak Eko segera memberi tool kepada kami.
Seperti gambar di bawah ini, ini adalah logframe yang menjadi pedoman bagi kami untuk menjalankan bisnis. 
Dalam kelas memang memakan waktu yang lama untuk bisa mengerti bagaimana detailnya membuat logframe, namun Alhamdulillah kami diberi waktu diluar kelas untuk bertanya mengenai logframe tersebut.

ternyata tidak hanya usaha yang harus punya goals, setiap pribadi harus punya goals, misalnya saja tujuan hidup, cita-cita, dan harapan atau mimpi-mimpi besar. Akan lebih baik jika itu semua bisa kita perinci, sehingga ada motivasi untuk bisa melanjutkannya, sebab sudah ada apa yang harus dilakukan dengan jelas. Jika semua sudah di buat dengan jelas maka secara tidak langsung, kita pasti akan melakukan hal-hal tersebut dan insyaAllah akan menuai hasilnya.

So, gimana sih cara buat Goals?
Buatlah Goals dengan kata-kata yang positif. Agar otak mampu mencerna dengan baik, sebab jika ada kata negative maka otak akan merespon dengan tidak baik. Maka buatlah segala pedoman kita nanti dengan kalimat-kalimat yang positive.

Selanjutnya kita juga harus bisa membuat objective atau purpose. Bagaimana caranya?
Kita harus bisa membuat statement dengan baik, dan harus bisa mengelola keterbatasan yang kita miliki. Misalnya saja waktu, tenaga, dan modal yang kita miliki.

lanjutkan dengan membuat bagian-bagian lainnya seperti indikator keberhasilan yang akan kita tentukan, dan jangan lupa di MoV harus ada. Sebab MoV adalah bukti nyata bahwa apa yang telah kalian lakukan itu benar terjadi dan telah terealisasikan..


^_^

Oke, semoga nanti aku dan kalian semua bisa membuat LogFrame lebih baik ya. Karena setiap saat pasti Logframe ku akan diperbaharui. Begitu juga dengan BMC dan BMU yang pernah aku buat.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

 

Disinilah Dunia Ien_Moet!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea