Senin, 02 September 2013

Understanding Your Consumer with human motivation

Diposting oleh Ien_Moet di 4:40 PM
Bagaimana cara kita menjual product atau jasa dengan menggunakan teori psikologi?
Pertama kita harus tau bagaimana kebutuhan konsumen, dan apa yang ada dalam product atau jasa kita. Seperti teori dari Abraham Maslow mengenai kebutuhan, perkembangan kebutuhan manusia (menurut Maslow) menjadi 8 kebutuhan dasar. Dari setiap kebutuhan tersebut bisa di hubungankan dengan apa yang product kita punya dengan konsumen.

Berikut adalah teori dari maslow, bawah ke atas.
Teori Kebutuhan Maslow
  • Physiological Needs ialah kebutuhan umum manusia, seperti makan, minum, dan sex
  • Safety Needs mengarah pada keamanan dan kenyamanan seperti kesehatan
  • Belongingness & Love need adalah relasi antara anak-orangtua, teman sebaya, kekasih dll
  • Esteem needs lebih mengarah pada harga diri
  • Know and Understand mengarah pada ilmu pengetahuan
  • Aesthetic Needs adalah kebutuhan akan keindahan
  • Self actualization seperti bakat dan minat
  • Self Transcendence lebih mendekati pada sosial
Misalnya product yang kita jual adalah Aksesoris dari sisik ikan, kebutuhan konsumen yang kita jangkau adalah Esteem need dan Transcendence. Kenapa? Esteem need karena belum banyak orang yang menggunakan product semacam ini, sehingga harga diri seseorang akan terangkat karena product itu masih tyerbatas. Self Transdence karena mengarah kepada sosial. Sebab sisik ikan mengandung logam berat, jika di pergunakan dan di manfaatkan, maka akan mengurangi masalah sosial yang ada. Bisa juga (jika di paksakan) masuk ke belongingness dan love needs, sebab dengan harga diri yang menaik akan membuat hubungan dengan rekan bisa lebih baik. Bahkan rekan juga bisa menggunakan product yang sama.


~ Semoga bermanfaat ~

0 komentar:

 

Disinilah Dunia Ien_Moet!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea